Jokowi resmi lantik Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai KSAD

Ketika tokoh agama meletakkan Al Quran di atas kepala Dudung, Jokowi menndiktekan sumpah jabatan.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman saat memberikan amanat dalam apel persiapan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di wilayah Kodam Jaya, Jumat (20/11/2020)/Foto kodamjaya-tniad.mil.id.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11) siang. Dudung dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 107/TNI Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD. Dudung menggantikan jenderal Andika Perkasa yang saat ini dilantik sebagai Panglima TNI.

"Saudara Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman, apakah saudara beragama Islam?” Apakah saudara bersedia saya ambil sumpah menurut agama Islam," ujar Jokowi sebelum membacakan sumpah jabatan.

"Bersedia," jawab Dudung.

Ketika tokoh agama meletakkan Al Quran di atas kepala Dudung, Jokowi menndiktekan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” tutur Jokowi.