Kader Golkar berharap Jokowi dan Gatot bisa bersanding

Sosok Gatot Nurmantyo dinilai sebagai sosok yang pas memenuhi kriteria Jokowi di bidang militer.

Jokowi dan Gatot diharapkan bersanding dapat pada tahun 2019./Antara Foto

Joko Widodo dan Prabowo Subianto dipastikan bakal berlaga lagi dalam pemilihan presiden tahun 2019. Meski demikian, calon pendamping kedua calon presiden (capres) tersebut belum juga diputuskan hingga saat ini. 

Kader Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta berinisiatif mengusulkan Presiden Joko Widodo untuk menggandeng mantan anak buahnya yakni Jenderal (Pur) Gatot Nurmantyo sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019. Gatot dinilai Golkar kader Yogyakarta sebagai sosok yang pas memenuhi kriteria Jokowi di bidang militer. 

"Kami meminta Pak Jokowi mempertimbangkan. Pak Gatot adalah sosok yang tepat untuk mendampingi beliau pada Pilpres mendatang," kata kader Partai Golkar yang juga Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar DIY John Serang Keban pada Jumat (13/4) seperti dikutip Antara

Menurut Keban, Gatot tepat menjadi pendamping Jokowi karena selain dipandang sebagai sosok nasionalis. Mantan Panglima TNI juga dinilai sebagai figur penyeimbang yang diterima oleh kalangan umat mayoritas.

Bagi Keban, TNI itu saptamargais sehingga soal kebangsaan tidak diragukan lagi. Alasan lain adalah basis Gatot yang berasal dari Muhammadiyah dan diterima semua kalangan umat.