Antara Ganjar, Prabowo, dan Anies: Ke mana bandul swing voters mengarah? 

Jumlah swing voters tergolong besar, yakni di kisaran 30-40%. Suara mereka bisa menentukan hasil akhir Pilpres 2024.

Ilustrasi swing voters. Alinea.id/Firgie Saputra

Perpolitikan di tingkat pilpres jadi topik perbincangan antara Alfiansyah (22) dan Nurullah (23) di sebuah warung kopi di bilangan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (2/10) malam itu. 

Keduanya kebetulan baru saja mendapat tawaran jadi anggota tim kampanye pilpres di tingkat kelurahan dari parpol penghuni Senayan. Salah satunya ialah parpol pendukung bacapres Anies Baswedan, lainnya pengusung Ganjar Pranowo. 

"Ganjar lawan sengit (Ketum Gerindra) Prabowo (Subianto), tapi dua- duanya orang (Presiden) Jokowi. Tapi, kalau pilih Anies juga ngapain? Anak buah (Ketua Umum Partai NasDem) Surya Paloh sekarang dia," ucap Nurullah.

Alfiansyah menimpali Nurullah. Ia mengaku tidak berniat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024. Dari ketiga kandidat calon presiden, ia menilai belum ada yang menawarkan program yang menjawab keresahannya. 

"Soal pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak dari perusahaan yang marak belakangan terakhir. Sekarang itu, kerja lebih gampang di-PHK," kata Alfiansyah.