Survei LSI: Kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi stagnan di Februari

Sebanyak 75,9% publik menyatakan puas/sangat puas terhadap kinerja presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Setpres

Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengalami peningkatan signifikan alias stagnan selama periode Feburari 2023. Kepuasan terhadap Jokowi didukung oleh penegakan hukum, sebaliknya kepuasan terhadap ekonomi mengalami penurunan.

"Kinerja presiden pada Februari dibandingkan Januari di angka 75,9% yang menyatakan puas terhadap kinerja presiden. Jika dibandingkan dengan Januari tidak mengalami perubahan yang berart," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam pemaparan rilis survei secara daring pada Rabu (1/3).

Berdasarkan data survei LSI pada Februari, sebanyak 75,9% publik menyatakan puas/sangat puas terhadap kinerja presiden. Sebanyak 21,1 % menyatakan kurang puas atau tidak puas sama sekali. Sedangkan, 2,9% tidak tahu/tidak menjawab.

"Artinya stagnan saja, yakni tetap stabil saja di angka 76% baik di Januari maupun Februari," tutur Djayadi.

Menurut Djayadi, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi pada Februari 2023 merata di hampir semua kategori demografi, baik segi gender, usia, etnis, pendidikan, pekerjaan serta pendapat. Kata dia, masyarakat yang menyatakan puas hampir berada di atas angka 70%.