Kesepakatan di balik dukungan PKB pada Jokowi

PKB menyerahkan penentuan cawapres di Pilpres 2019 pada Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Kedua kiri) disaksikan Panglima Santri Nusantara Muhaimin Iskandar (kiri) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (tengah), Menpora Imam Nahrawi dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kanan) memukul genderang tanda dimulainya Lomba Dayung Perahu Naga Piala Presiden RI di arena dayung Jakabaring Rowing and Canoeing Regatta Course, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/7). Antara Foto

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin), memastikan partainya mendukung Presiden Joko Widodo maju kembali dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Kepastian tersebut disampaikan setelah Cak Imin melakukan pertemuan intensif dengan Jokowi. 

"Saya nyatakan 'bismillahirrohmanirrohim', PKB mendukung pencalonan Pak Jokowi pada Pemilu Presiden 2019," kata Cak Imin saat mendampingi Presiden di kompleks olahraga Jakabaring, Palembang, Sabtu (14/7).

Menurutnya, dukungan PKB diberikan agar pemerintahan Jokowi dapat menghasilkan dan meneruskan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Pernyataan Cak Imin, mengakhiri teka-teki arah dukungan PKB di Pilpres 2019. Sebab meski telah berada di barisan Jokowi sejak 2014 lalu, sempat muncul spekulasi PKB akan keluar. Hal ini terkait keinginan PKB agar Cak Imin dipilih menjadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019 nanti.

Namun saat ini, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu mengatakan bahwa PKB telah menyerahkan sepenuhnya pada Jokowi, pilihan Cawapres untuk mendampinginya. Namun sikap ini tak serta merta menghilangkan harapan agar Jokowi meminangnya menjadi Cawapres.