Ketua Bawaslu tidak mau lagi lihat kantor Bawaslu hanya diisi sekuriti

Pengawas pemilu melakukan seluruh fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat memberikan arahan di Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 yang digelar di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (14/6). Foto Dok

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja meminta kesiapan seluruh anggota Bawaslu dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024 yang secara resmi dimulai Selasa (14/6).

Rahmat menilai, kemampuan dalam menangani seluruh permasalahan pemilu adalah hal yang paling utama. Ini dikarenakan pengawas pemilu melakukan seluruh fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan.

"Kapasitas pengawas pemilu dalam hal penyelidikan, pengawasan seluruh proses-proses tahapan pemilu dan pergerakan orang-orang yang akan melakukan politik uang, politisasi SARA, hoax dan lainnya harus ditingkatkan," kata Rahmat saat memberikan arahan di Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 yang digelar di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (14/6).

Peluncuran tahapan pemilu akan digelar malam ini di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Seluruh tim pengawas pemilu diminta berkoordinasi secara serentak untuk menyiapkan program-program pengawasan baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM).

Rahmat menegaskan, penyesuaian dan perbaikan pola kerja akan terjadi dengan dimulainya pengawasan tahapan. Untuk itu, pihaknya meminta tim pengawas untuk tetap hadir di kantor selama pelaksanaan pengawasan tahapan pemilu berlangsung.