Kunker ke Lampung, Presiden Jokowi juga lakukan kampanye 

Di hari kerja, Jokowi akan menjalankan tugas sebagai presiden, sementara di Sabtu dan Minggu menjalankan agenda kampanye.

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) menyapa pedagang batik saat kunjungan di Pasar Grosir Batik Setono, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (22/11)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo akan melakukan kampanye di sela-sela kunjungan kerjanya (kunker) di Lampung, pada 23-24 November 2018. Jokowi akan membagikan sertifikat tanah di Lampung. 

“(Saat menjadi) Presiden, pak Jokowi akan ke pelabuhan, membagikan sertifikat tanah, menyerap aspirasi petani kebun, silaturrahim dengan Kiai sampai santri nanti disapa,” kata wakil ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Lodewijk Freidrich di Jakarta, Kamis (22/11). 

Saat Jokowi menjadi seorang presiden, tutur dia, TKN berjanji tidak akan mencampuri kegiatan tersebut. Apalagi, aturan tersebut juga terdapat dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Acara pak Jokowi di hari kerja tetap menjalankan tugas sebagai Presiden. TKN dan TKD tidak mencampuri acara itu. Hari Sabtu dan Minggu, baru kampanye,” katanya. 

Freidrich menuturkan, Jokowi dijadwalkan akan melakukan 6 kali pertemuan dalam kunjungannya ke Lampung. Pertemuan tersebut terdiri dari 4 kali sebagai presiden dan 2 kali sebagai calon presiden (capres).