Mahfud MD, Menko Polhukam perdana dari kalangan sipil

Dengan penunjukan Mahfud, untuk kali pertama sepanjang sejarah jabatan Menko Polhukam diduduki kalangan sipil.

Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) bersama mantan Menko Polhukam Wiranto menandatangani berita acara serah terima jabatan di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (23/10). /Antara Foto

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanaan (Menko Polhukam) di kabinet barunya, Kabinet Indonesia Maju. Dengan penunjukan Mahfud, untuk kali pertama sepanjang sejarah jabatan Menko Polhukam diduduki kalangan sipil. 

 

Direktur Indonesian Public Institute, Karyono Wibowo mengatakan, penunjukan Mahfud MD merupakan terobosan baru yang dilakukan Jokowi dalam periode pemerintahannya yang kedua. Sebelumnya, jabatan Menko Polhukam selalu diisi oleh kalangan militer.

"Jabatan Menko Polhukam itu monopoli militer dari dulu. Ini yang baru dalam periode kedua Jokowi, menempatkan sipil," kata Karyono dalam diskusi publik membedah kabinet Jokowi jilid II bertajuk "Membaca Profil Kabinet Gado-gado" di kantor Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (23/10).

Menurut Karyono, tantangan Mahfud MD ke depan ialah bagaimana menciptakan stabilitas politik dan keamanan. Pasalnya, pemerintahan Jokowi pada periode perdana kerap dikritik tak mampu menjaga stabilitas politik dan keamanan.