Menakar peluang Gibran di Pilwalkot Surakarta 2020

Selain PDIP yang memiliki 35 kursi di DPRD Surakarta, PKS, PAN, dan PKB juga mau mendukung Gibran.

Relawan mengajak warga Potong rambut gratis dan tanda tangan dukungan untuk Gibran pada Pilkada 2020 di Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11).AntaraFoto

Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan mendaftarkan diri pada pemilihan wali kota (pilwalkot) Surakarta atau yang biasa dikenal sebagai Solo, melalui PDI Perjuangan pada Kamis (12/12).

Menurut Direktur Indonesia Popular Survey Silvanus Alvin, peluang Gibran menang terbuka lebar. Peluang ini tidak lepas dari pengaruh Jokowi sebagai Presiden. Terlebih dalam beberapa kesempatan, Gibran juga menemani aktivitas politik Jokowi.

"Analisis saya, warga Solo masih merindukan sosok Jokowi di sana. Nah, bila Gibran bisa menghadirkan sosok ayahnya, maka dia bisa mengunci kemenangan di Solo," kata Silvanus dalam rilis pers yang diterima Alinea.id di Jakarta, Rabu (10/12).

Pengaruh Jokowi, sangat besar. Sekitar 82% warga Solo memliih Jokowi pada Pilpres 2019. Tentu Jokowi effect itu juga akan turun kepada anaknya, Gibran.

Selain itu, dukungan partai politik juga sudah tercium di sana. Selain PDIP yang memiliki 35 kursi di DPRD Surakarta, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mau mendukung Gibran.