PAN usul amandemen, NasDem: Potensi gaduhnya besar

NasDem mengklaim, partai koalisi pendukung pemerintah sampai kini belum membahas tentang amandemen UUD 1945.

Wakil Ketua Umum DPP NasDem, Ahmad Ali. Dokumentasi Fraksi NasDem DPR

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali, menegaskan, partai koalisi pemerintah hingga kini belum membahas apa pun tentang amandemen UUD 1945. Pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, beberapa waktu lalu, juga tidak membahas masalah ini.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam merespons pengakuan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, tentang perlunya amandemen UUD 1945 dengan dalih memperbaiki sistem demokrasi di Tanah Air.

"Di koalisi partai pendukung sampai saat ini belum kita bicarakan bahkan kemarin, ketika saya bertanya ke ketum (Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, red) pascaketemu dengan Pak Jokowi, itu sama sekali tidak disebutkan," ujar Ali kepada wartawan, Rabu (1/9).

Dia pun tidak mengetahui apa yang menjadi agenda politik PAN tentang amandemen konstitusi. Meski demikian, Nasdem menyambut positif usulan tersebut.

"Apa pun tawarannya, saya selalu berpikir bagus untuk kepentingan bangsa," ucapnya. "Tapi sampai pada saat ini, belum masuk pada pembicaraan itu."