Parpol saling intai cawapres yang diusung

Melihat peta kekuatan lawan amat penting dalam menentukan strategi pemenangan

Persoalan garansi politik menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan elit politik untuk mengamankan posisi di periode pemerintahan selanjutnya./Kudus Purnomo Wahidin

Elit politik kian rajin melakukan power sharing guna mendapatkan pasangan calon yang menjanjikan mampu meraih kemenangan di perhalatan Pilpres 2019.

Persoalan garansi politik menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan elit politik untuk mengamankan posisi di periode pemerintahan selanjutnya.

Menurut Politisi Partai Gerindra Nizar Zahro, partainya belum bisa menentukan cawapres pendamping Prabowo, sebelum melihat siapa yang akan mendampingi Jokowi. Pasalnya, melihat peta kekuatan lawan amat penting dalam menentukan strategi pemenangan Prabowo.

Itulah sebabnya kandidat paslon yang akan bertarung di Pilpres 2019 diperkirakan baru mulai terlihat di menit-menit terakhir pendaftaran capres dan cawapres.

"Masih cair sampai Agustus nanti, itu akan terlihat pada menit-menit terakhir," paparnya dalam diskusi yang bertajuk "Menakar Cawapres 2019, Parpol Koalisi Pecah Kongsi atau Tetap Solid" di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (12/7).