Adu jurus parpol mapan berebut gen Z dan milenial 

Sejumlah strategi disusun parpol-parpol mapan untuk merawat simpati kaum milenial dan generasi Z.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang dengan mahasiswa Unika Soegijapranata, September 2022. /Foto Instagram @ganjar_pranowo

Usai memantau aktivitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Instagram, Yogi Saputro beranjak ke pos keamanan lingkungan (poskamling) setempat yang tak jauh dari rumahnya di Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (3/1) malam itu. Di sana, rekan-rekannya sudah asyik berdiskusi soal politik. Pilpres 2024 jadi bahasan utama. 

Yogi segera ikut nimbrung. Mahasiswa fakultas hukum di salah satu universitas di Tangerang, Banten, itu sesumbar Ganjar bakal memenangi Pilpres 2024. Rekan-rekannya yang rata-rata pendukung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2017 tak setuju. Mereka meyakini Anies yang bakal merajai kontestasi politik 2024. Adu argumentasi pecah.

"PDI-P mungkin bisa aja menang. Tapi, saya enggak milih PDI-P," ucap salah seorang rekan Yogi. Seperti Yogi, mayoritas rekannya berstatus sebagai mahasiswa baru yang aktif berorganisasi di kampus mereka masing-masing. 

Yogi bertutur diskusi politik sudah jadi aktivitas sehari-hari ia dan rekan-rekannya selama beberapa pekan terakhir. Meski rutin dikepung para pendukung Anies, ia berkukuh tak akan berubah haluan. Yogi tetap berniat memilih Ganjar dan mencoblos caleg dari PDI-P. 

"Perbedaan politik itu hal wajar di Jakarta. Apalagi, di kampung sini, rata-rata warganya pendukung Anies," kata Yogi kepada Alinea.id.