PKS dukung kader PDIP di pilkada Pandeglang

 Irna telah mengantongi dukungan PDIP untuk kembali maju di pilkada Pandeglang 

Ketua PKS Banten Sanuji Pentamarta.Alinea.id/Khaerul Anwar

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banten memutuskan untuk mendukung kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Irna Narulita di pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Pandeglang. Irna merupakan petahana Bupati Pandeglang.

Dukungan PKS terhadap kader PDIP ini merupakan hal yang tak biasa. Apalagi pada pilkada sebelumnya, PKS selalu berseberangan dengan PDIP karena perbedaan ideologi. 

"Hasil survei elektabilitas Bu Irna sangat tinggi. Mendukung kader PDIP? Politik ada hitungannya. Misalnya menghitung apakah calon ini disukai masyarakat atau tidak. Ternyata mayoritas masyarakat menyukai dia. Mencintai dia," kata Ketua PKS Banten Sanuji Pentamarta, Selasa (10/3).

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang Abdul Hamid mengatakan, dalam perhelatan politik tidak ada aspek ideologi. Parpol lebih mempertimbangkan potensi kemenangan dan kekuasaan daripada ideologi.

"Biasa, mereka sudah pragmatis. Ancaman cabut dukungan hanya upaya membangun bargaining position saja. Tidak ada aspek ideologis dalam koalisi pilkada," kata Hamdi saat dikonfirmasi.