PKS klaim dilobi parpol-parpol yang incar kursi Ketua MPR

PKS akan menggelar musyawarah di internal partai sebelum memutuskan arah dukungan.

Anggota MPR RI berbincang usai Sidang Paripurna MPR Akhir Masa Jabatan Periode 2014-2019 di Gedung Nusantara Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (29/7). /Antara Foto

Anggota DPR dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini mengklaim sudah ada banyak partai yang melobi PKS demi menduduki kursi Ketua MPR RI. 

"Dalam partai politik, biasa melakukan lobi-lobi itu. Memang yang menginginkan dan berharap menjadi Ketua MPR itu kan, satu dari Golkar, satu dari Gerindra, satu dari PKB," ujar Jazuli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Namun demikian, menurut Jazuli, PKS belum menyatakan dukungan kapada salah satu kandidat. Keputusan itu, kata dia, harus disepakati dalam musyawarah dengan Majelis Syura PKS.

"Tetapi, harus bersama-sama dalam musyawarah mufakat. Saya berharap (PKS) segera punya keputusan siapa (yang didukung menjadi) Ketua MPR," katanya.

PKS hingga kini tidak ikut-ikutan berebut kursi Ketua MPR. Jika perebutan kursi Ketua MPR diputuskan lewat pemungutan suara, maka dukungan PKS bakal sangat menentukan siapa yang berhak menduduki kursi panas tersebut.