Politik2024.id solusi bantu pemenangan caleg

Politik2024.id bisa dengan cepat memberitahu berapa potensi pemilih baru dan swing voters di setiap kelurahan dalam dapil.

Ilustrasi Politik2024.id. Alinea.id/M Taufik.

Pemilu 2024 segera diselenggarakan. Para kontestan pemilihan umum itu tentunya sudah ancang-ancang menyusun strategi persiapan memenangkan dirinya.

Salah satu yang menjadi kunci kesuksesan seorang calon perebut kursi legislatif adalah tepat sasaran siapa yang akan memilihnya. Karakterisitik pemilih menjadi berbeda dibandingkan pemilu sebelumnya.

Menilik survei nasional Lembaga Centre for Strategic and International Studies (CSIS), pemilih pada hajatan demokrasi mendatang akan didominasi oleh generasi Z dan milenial. Kaum berusia 17 tahun hingga 39 tahun itu mendekati 60% bedasarkan periode survei pada 8-13 Agustus 2022.

Pemilih muda lebih dinamis, adaptif, dekat dengan teknologi dan media sosial, serta memberikan perhatian isu-isu domestik. Fenomena itu menunjukkan perlunya strategi khusus untuk memuluskan jalan menuju kemenangan.  

Teknologi big data akan membantu calon legislatif untuk lebih memahami konstituennya. Pola lama dengan survei atau data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) akan memakan waktu lama untuk membantu calon legislatif mencari data basis suara.