Poros ketiga Pilpres 2019, antara impian & kenyataan

Pertarungan pemilihan presiden 2019 kian riuh dengan opsi poros ketiga selain pengulangan pertarungan Pilpres 2014 antara Jokowi vs Prabowo.

Wacana poros ketiga pada Pilpres 2019 muncul seiring adanya kemungkinan re-match antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto seperti yang terjadi pada Pilpres 2019. / Politiktoday / Istimewa

Pertarungan pemilihan presiden 2019 kian riuh dengan opsi poros ketiga selain pengulangan pertarungan Pilpres 2014 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

PDI Perjuangan telah resmi mengumumkan pencalonan kembali Joko Widodo untuk bertarung pada Pilpres 2019. Disusul oleh Partai Gerindra yang mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden 2019.

Seperti diduga banyak pihak, pertarungan dua figur ini diperkirakan bakal kembali terjadi pada 2019. Apalagi, sejumlah lembaga survei masih menempatkan tingkat keterpilihan Jokowi dan Prabowo pada posisi puncak.

Ambang batas pencalonan presiden yang mencapai 20%, memang hanya memungkinkan tiga calon yang bakal bertarung. Itu juga apabila parpol-parpol yang memiliki perolehan suara tinggi dapat tersebar secara proporsional.