Potret keterpilihan perempuan di Pilkada Serentak 2018

Tingkat keterpilihan perempuan di Pilkada Serentak 2018 dinilai masih rendah.

Tingkat keterpilihan perempuan di Pilkada Serentak 2018 masih rendah/Shutterstock.

Tingkat keterpilihan perempuan di Pilkada Serentak 2018 masih rendah. Dari 342 kepala dan wakil kepala daerah terpilih, hanya ada 31 kandidat perempuan yang berhasil meraih kemenangan, atau hanya 9,06% saja.

Deputi Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Agustyati mengatakan, dari total jumlah itu, sekitar 14 di antaranya terpilih sebagai kepala daerah. Adapun 17 perempuan lainnya terpilih sebagai wakil kepala daerah. 

"Mereka terpilih dengan rata-rata kemenangan 46,84%," kata perempuan yang akrab disapa Nisa saat diskusi "Potret Keterpilihan Perempuan pada Pilkada 2018" di Media Center KPU RI, Jakarta, Rabu (1/8).

Dia merinci, 31 kandidat perempuan itu menang di 31 daerah atau 18,13% dari seluruh daerah yang menggelar Pilkada. Tiga orang meraih kemenangan di tingkat Provinsi, dengan rincian satu orang gubernur dan dua orang wakil gubernur. 

Sekitar 19 orang terpilih di tingkat Kabupaten, yaitu 10 orang menjadi Bupati, dan 9 lainnya Wakil Bupati. Di tingkat kota, ada 9 orang perempuan yang terpilih, tiga orang menjadi Wali Kota, sementara enam lainnya Wakil Wali Kota.