Presiden Jokowi singgung coronavirus di acara PBB

Sangat penting merajut ukhuwah, baik islamiyah maupun basyariyah.

Presiden Jokowi menyampaikan pidato di acara pelantikang Pengurus DPP Partai Bulan Bintang, Kamis (6/2)/Foto Antara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong seluruh masyarakat memperkuat rasa persaudaraan (ukhuwah) di tengah kepungan masalah global seperti meluasnya wabah virus Corona, realisasi Brexit, dan juga perang dagang.

"Dalam dunia yang semakin terglobalisasi, ukhuwah semakin utama. Masalah di sebuah negara bisa merambet ke negara lain," kata Jokowi dalam pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang, di Jakarta, Kamis (6/2) malam.

Menurut Jokowi, sangat penting merajut ukhuwah baik islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah basyariyah. "Penting dalam kita membangun sebuah persatuan di negara besar," katanya.

Presiden menyampaikan ada beberapa masalah global saat ini seperti dampak Brexit, perang dagang dan wabah coronavirus baru, yang menggerus potensi pertumbuhan negara-negara seluruh dunia karena interkonektivitas global yang semakin kuat.

"Ada masalah Brexit, perang dagang yang jauh sekali, tapi juga kita tetap kena imbasnya. Oleh karena itu persaudaraan itu sangat penting," kata mantan Wali Kota Solo itu.