Purnomo mundur, Gibran melenggang tanpa lawan

Pandemi Covid-19 mendorong Purnomo berencana mundur di Pilkada 2020.

Bakal Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P Menteng, Jakarta, Senin (10/2)/Foto Antara/Galih Pradipta.

Bakal calon wali kota Surakarta (Solo), Achmad Purnomo, berniat mundur dari pencalonan di Pilkada 2020, jika pelaksanakan dilakukan tanggal 9 Desember mendatang. 

"Saya baru rencana jika Pilkada jadi dilaksanakan 9 Desember. Saya juga secara lisan sudah cerita dan memohon kepada Ketua DPC PDIP FX Hadi Rudyatmo, soal rencana itu," ujarnya saat menghadiri acara kegiatan Baksos Polda Jateng, di Mapolresta Surakarta, Selasa (28/4). 

Rival Gibran Rakabuming Raka (purta Jokowi) di Pilkada Surakarta 2020 ini mengaku tinggal menunggu pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), apakah pilkada diundur waktu pelaksanaannya, atau tetap 9 Desember.

"Saya secara resmi belum, saya masih menunggu, karena keputusan pemerintah pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember belum final. Hal itu, baru pilihan jika wabah Covid-19 sudah berakhir," ungkap bakal calon wali kota yang diusung DPC PDI Perjuangan ini.

Namun, sambung Purnomo, jika hal tersebut memang sudah menjadi keputusan, tinggal menunggu keputusan dari KPU.