Rekaman sumber hoaks 7 kontainer surat suara impor dari China

Sebuah rekaman percakapan yang mengungkap adanya tujuh kontainer berisi 70 juta surat suara impor dari China beredar.

Sebuah rekaman percakapan yang mengungkap adanya tujuh kontainer berisi 70 juta surat suara impor dari China beredar. / Antara Foto

Sebuah rekaman percakapan yang mengungkap adanya tujuh kontainer berisi 70 juta surat suara impor dari China beredar.

Berdasarkan penelusuran Alinea.id, rekaman itu telah beredar di grup-grup pesan Whatsapp hingga media sosial. Rekaman berdurasi sekitar 44 detik itu terdengar suara seorang laki-laki.

"Sekarang ini ada tujuh kontainer di Tanjung Priok. Sekarang lagi geger. Marinir sudah turun. Dibuka satu. Isinya kartu suara yang sudah dicoblos nomor satu. Sudah dicoblos Jokowi. Itu mungkin dari China itu," kata laki-laki tersebut.

"Total katanya, kalau satu kontainer itu 10 juta, berarti kalau ada tujuh kontainer 70 juta suara. Sudah dicoblos nomor satu. Tolong sampaikan ke akses, ke Pak Darma, atau ke apa kek, atau ke Gerindra pusat untuk segera ke sana. Ini tak kirimin nomor telepon orangku yang di sana. Yang untuk membimbing ke kontainer itu. Atau syukur ke aksesnya Djoko Santoso, pasti marah beliau. Ya, langsung ngecek ke sana ya," tutupnya.

Namun, tidak dapat dipastikan suara siapa dalam rekaman tersebut. Hingga saat ini, rekaman suara itu viral di media sosial dan Whatsapp.