Restu Megawati jadi penentu Risma jadi Mensos pengganti Juliari

Posisi Menteri Sosial masih dianggap jatah PDI-Perjuangan.

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyalami Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (19/8). Alinea.id.

Peluang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menggantikan posisi Juliari Peter Batubara sebagai Menteri Sosial tergantung restu dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri.

"Kalau dia direkomendasi oleh Megawati jadi Mensos, maka peluang itu besar. Karena kuncinya restu dan rekomendasi Megawati sebagai Ketum PDI-P. Karena kita tahu, kursi Mensos itu masih jatah PDI-P," ujar pengamat politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin, dihubungi Alinea, Senin (14/12).

Bagi Ujang, kabar rekomendasi pergantian kursi Menteri Sosial itu bukan suatu hal luar biasa. Sebab, dirinya sudah memprediksi jatah menteri PDI-P tak akan berkurang.

"(Posisi Menteri Sosial) karena masih jatah PDI-P. Soal nama itu tergantung PDI-P. Dan sekarang yang muncul nama Risma," tuturnya.

Jika nantinya kader PDI-P mengisi kursi Menteri Sosial, Ujang menilai tidak otomatis mendongkrak citra pemerintah. Pasalnya, publik tetap menilai berdasarkan kinerja pemerintah.