Sebelum AHY jadi menteri Jokowi...

Isu jatah menteri untuk Demokrat sudah berembus sejak Oktober 2023.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Yogyakarta, Minggu, (28/1). Foto Instagram @agusyudhoyono

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (21/2). 

AHY dilantik bersama Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto yang digeser posisinya menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam). Jabatan itu kosong sejak ditinggalkan Mahfud MD yang mundur jelang pencoblosan. Mahfud berstatus sebagai pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan tawaran agar Demokrat masuk jadi bagian koalisi parpol pendukung pemerintah datang langsung dari Jokowi. AHY, kata dia, baru diajak bergabung di kabinet Jokowi belum lama ini. 

”Pertemuan Presiden dengan AHY di Yogyakarta pada akhir Januari 2024 itu sama sekali tidak menyinggung mengenai posisi kabinet. Tawaran untuk bergabung dalam kabinet baru kemarin,” kata Andi seperti dikutip dari Kompas.id

Di tengah panasnya kontestasi Pilpres 2024, AHY sempat "kedapatan" bersantap bareng Jokowi di rumah makan gudeg Yu Djum di kawasan Wijilan, Yogyakarta, akhir Januari lalu. Dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya @agusyudhoyono, AHY menyebut memperbincangkan banyak hal dengan Jokowi.