Sebut loyal ke Jokowi, Nasdem: Anies bukan petugas partai!

Nasdem memastikan masih loyal kepada Presiden Jokowi hingga 2024.

Politikus NasDem, Bestari Barus. Dokumentasi DPRD DKI Jakarta

Politikus Partai Nasdem, Bestari Barus, memastikan partainya loyal kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga 2024. Hal ini merespon pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, terkait "biru" lepas dari koalisi karena sudah mempunyai calon presiden (capres) sendiri.

"Kita perlu klarifikasi bahwa Partai Nasdem itu komitmen dan konsisten untuk terus mendukung Pak Jokowi. Kita juga mengawal Pak Jokowi hingga akhir masa jabatannya di tahun 2024 nanti," ujar Bestari Barus kepada wartawan, Rabu (12/10).

Menurut Bestari, komitmen itu ditunjukkan Nasdem dengan selalu berada di garda terdepan dalam mengawal pemerintahan. Termasuk ketika Jokowi mendapatkan tekanan dari berbagai pihak terkait kebijakan-kebijakannya.

Dia menyebutkan, contoh yang terakhir adalah posisi Partai Nasdem saat pemerintah ingin menaikkan harga BBM. Saat itu, Partai Nasdem yang pasang badan membela pemerintah, sementara sejumlah partai koalisi lain diam.

"Kalau hari ini Partai Nasdem disangkakan lepas dikarenakan kita punya capres sendiri ini perlu diluruskan. Tidak ada kita keluar atau dikeluarkan dari koalisi. Itu tidak ada. Ini yang perlu diklarifikasi dan tentu Bung Hasto juga perlu melihat bahwa Nasdem cukup menunjukkan kiprahnya di dalam koalisi yang tidak pernah bersebrangan dengan kebijakan yang dilakukan oleh Pak Jokowi," tutur dia.