Segera purnatugas, JK bakal berkolaborasi dengan SBY

Usia Jusuf Kalla dan SBY sama-sama menginjak kepala tujuh.

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan pada pembukaan Konferensi Internasional Pasukan Bersenjata Modern bagi Perdamaian yang diselenggarakan TNI bersama Komite Internasional Palang Merah (ICRC) didukung Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, Selasa (25/6). /Antara Foto

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengaku siap berkolaborasi dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memberikan masukan kepada pemerintah dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

"Nanti (ketika) beliau (SBY) sudah lebih siap dan saya juga pensiun. Nah, kami mau berkolaborasi terus-menerus untuk bagaimana memberikan pandangan-pandangan, saran-saran kepada pemerintah dan masyarakat," kata JK saat berkunjung ke kediaman SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6).

Pada 2019, baik JK maupun SBY bakal sama-sama memasuki usia kepala tujuh. Karena itu, menurut JK, sudah sepatutnya ia dan SBY mengayomi generasi muda di pemerintahan yang baru.

"Beliau (SBY) 70 tahun. Tahun ini, saya 77 tahun. Jadi, sebagai orang tua, itu seri tujuh dan seri tujuh itu paling bagus," kata JK.

JK bakal purnatugas sebagai Wapres pada Oktober 2019. Sebelum mendampingi Jokowi, JK sempat menjadi pendamping SBY saat keduanya memimpin pemerintahan pada periode 2004-2009.