Sertijab Menko Polhukam, Wiranto-Mahfud baku puji

Ini kali kedua Mahfud MD menggantikan Wiranto sebagai menteri.

Mantan Menko Polhukam Wiranto (kanan) menyerahkan memorandum kepada Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) saat serah terima jabatan di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (23/10). /Antara Foto

Meskipun kondisinya belum pulih seratus persen, eks Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyempatkan diri menghadiri serah terima jabatan (sertijab) Menko Polhukam di kantornya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10). 

"Harusnya saya masih di rumah sakit. Tapi saya izin dokter untuk datang sejenak kemari (untuk) melakukan acara serah terima dengan Pak Mahfud. Ini merupakan salah satu kewajiban di masa akhir jabatan saya," kata Wiranto di hadapan hampir seluruh pegawai Kemenko Polhukam.

Wiranto saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto karena ditusuk salah satu anggota Jamaah Ansharut Daullah (JAD) di Pandeglang, Banten, belum lama ini. 

Sebagaimana susunan kabinet yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, posisi Wiranto sebagai Menko Polhukam akan digantikan oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.  

Wiranto mengatakan, ia sudah lama mengenal sosok Mahfud. Ia meyakini, Mahfud bakal mampu meningkatkan kinerja Kemenko Polhukam lebih baik dibandingkan dirinya. Apalagi, Mahfud juga telah berpengalaman menjadi menteri.