Survei: AHY tertinggi jika Prabowo batal maju Capres 2019

Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melejit mengalahkan tokoh lain sebagai alternatif calon presiden jika Prabowo Subianto batal maju.

Ketua Komando Tugas Bersama (Kosgama) pemenangan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 di DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. / Antara Foto

Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melejit mengalahkan tokoh lain sebagai alternatif calon presiden jika Prabowo Subianto batal maju.

Ketua Komando Tugas Bersama (Kosgama) pemenangan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 di DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono muncul mengalahkan tokoh lain dalam survei yang dilakukan oleh Roda Tiga Konsultan (RTK).

Direktur Riset dan Data RTK, Rikola Febri, mengatakan apabila Prabowo tidak maju sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, maka capres alternatif dengan persentase tertinggi dipilih masyarakat adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 24,8%.

"Survei kami menunjukkan apabila Prabowo tidak maju di Pilpres 2019, capres alternatif dengan elektabilitas tertinggi adalah AHY 24,8%, disusul Gatot Nurmantyo 20,4% dan Anies Baswedan 8,4%," ujarnya seperti dilansir Antara, Kamis (10/5).

 

Dia mengatakan hasil survei juga menunjukkan apabila Pilpres dilaksanakan saat ini, ada tiga nama teratas yaitu Joko Widodo (Jokowi) unggul sebesar 47,5%, Prabowo Subianto di posisi kedua dengan elektabilitas 23,4%, disusul AHY di posisi ketiga dengan elektabilitas 4,8%.