Surya Paloh: Cuma berkunjung ke PKS saja dicurigai

Kunjungan Surya Paloh ke kantor DPP PKS disindir oleh Presiden Jokowi belum lama ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir di acara kongres Partai Nasional Demokrat (NasDem). Alinea.id/Fadli Mubarok

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menyoroti kondisi politik Tanah Air saat ini. Pemilik Media Group ini mengaku sudah cukup lelah dengan setiap intrik yang terlihat dari beberapa partai politik (parpol) lantaran kerap menaruh rasa curiga. 

Lantaran kecurigaan tersebut, sinisme di antara partai pun menjadi wujud yang nyata. Hal ini sejatinya merupakan tanda dari keadaan politik yang mengenaskan.

"Hingga kita berkunjung ke kawan (PKS) kita dicurigai. Ini bangsa model apa seperti ini?," kata Surya Paloh dalam sambutannya di Kongres Partai NasDem di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

Seharusnya, terang dia, pertemuan dan silaturahmi politik tidak dimaknai dengan segala macam tafsir dan kecurigaan. Paloh menegaskan, keadaan ini membuktikan bahwa sistem politik yang ada masih bersifat demokrasi yang amat liberal. 

Kemudian, politik Tanah Air yang nampak terbukti cenderung konservatif. Hal ini sejatinya telah memundurkan demokrasi Indonesia yang dibangun oleh sang proklamator.