Vulgarnya PSI "membajak" Jokowi

'Ikut Jokowi, Pilih PSI' jadi tema yang kerap muncul di baliho-baliho PSI.

Pengendara motor melintasi baliho PSI bertuliskan 'Ikut Jokowi, Pilih PSI' yang dipasang di Jalan Panjang, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Senin (18/12). Alinea.id/Chris

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kian vulgar menunjukkan kedekatan mereka dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak hanya memasang foto Jokowi, baliho-baliho PSI kini seolah mengumumkan ayah Kaesang Pangarep itu bakal memilih PSI di Pemilu 2024. 

Baliho-baliho semacam itu setidaknya terpantau berderet rapat di Jalan Panjang, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, sejak beberapa hari lalu. Di baliho-baliho "pesanan" Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, misalnya, terpajang foto Jokowi dan Kaesang. Di tengah baliho tertulis: "Ikut Jokowi, Pilih PSI". 

Di Pileg 2024, Grace berkompetisi di dapil Jakarta III yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu. Selain Grace, caleg PSI Hariyanto Arbi juga "menginvasi" Jakarta Barat dengan baliho-baliho "Ikut Jokowi". Tak hanya di Ibu Kota, baliho-baliho PSI bergenre seperti itu juga dilaporkan marak di berbagai daerah. 

Analis politik dari Citra Institute, Yusak Farchan menduga PSI sudah mendapat restu dari Jokowi sehingga berani mencantumkan foto dan kalimat semacam itu di alat peraga kampanye mereka. Menurut dia, Jokowi punya kepentingan supaya PSI bisa lolos ambang batas parlemen dan kader-kadernya berkantor di Senayan. 

"Ketua Umum PSI, Kaesang, adalah simbol representasi Jokowi. Jadi, tidak mungkin Jokowi tidak mendukung PSI. Jokowi sendiri tetap berkepentingan agar PSI lolos Senayan untuk mengamankan agenda-agenda politiknya ke depan," kata Yusak kepada Alinea.id, Selasa (19/12).