sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

3.680 rumah tangga Sulsel terima pemasangan listrik gratis

Pemerintah berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi dengan membangun sarana penyediaan tenaga listrik melalui Program BPBL.

Gempita Surya
Gempita Surya Jumat, 11 Nov 2022 08:57 WIB
3.680 rumah tangga Sulsel terima pemasangan listrik gratis

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyalurkan bantuan pasang listrik gratis kepada 581 rumah tangga di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan ini dilaksanakan melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL)  2022.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Hutajulu, mengatakan, rencananya lebih dari 3.000 rumah tangga di Sulsel akan menerima pemasangan sambungan listrik gratis.

"Kementerian ESDM telah merencanakan sebanyak 3.860 rumah tangga calon penerima BPBL untuk Provinsi Sulawesi Selatan, di mana untuk Kabupaten Gowa telah terpasang 168 sambungan rumah tangga yang tersebar di 14 kecamatan," kata Jisman dalam keterangannya, dikutip Jumat (11/10).

Program BPBL merupakan upaya pemerintah meningkatkan rasio elektrifikasi melalui pembangunan sarana penyediaan tenaga listrik bagi 80.000 rumah tangga di daerah yang belum berkembang, khususnya daerah terpencil dan perbatasan. Program BPBL diharapkan meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

"Kami mencatat masih terdapat warga yang menyalur listrik dari tetangga karena tidak mampu membayar biaya penyambungan listrik baru, padahal jaringan listrik PLN sudah ada di depan rumah," ujar dia.

Ditambahkan Jisman, dengan tersedianya akses listrik, diharapkan tidak ada lagi warga yang menyalurkan listrik dari tetangga. Dirinya pun meminta kepala desa menyampaikan data rumah tangga yang belum memiliki sambungan listrik sendiri kepada Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Dalam pelaksanaannya, Kementerian ESDM menugaskan PT PLN (Persero) melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL 2022.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulsel, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat, Andy Adchamonoerdin, menyatakan, pihaknya siap menjalankan arahan pemerintah tersebut.

Sponsored

"Sulawesi Selatan terdapat 3.860 rumah tangga yang mendapatkan BPBL, untuk Kabupaten Gowa mendapat 581 sambungan. Tercatat sampai dengan September 2022, RE (rasio elektrifikasi) di Sulawesi Selatan sebesar 99,83% dan di Kabupaten Gowa RE PLN adalah 99,91%", jelas Andy.

Berita Lainnya
×
tekid