close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Soft launching Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia di Pangandaran oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. (Sumber : kkp.go.id).
icon caption
Soft launching Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia di Pangandaran oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. (Sumber : kkp.go.id).
Bisnis
Senin, 19 Desember 2022 09:25

Akuarium silinder terbesar di Indonesia resmi dibuka di Pangandaran

Masyarakat sudah bisa menjadikan Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium sebagai destinasi wisata Nataru.
swipe

Indonesia akhirnya memiliki akuarium terbesar di Pangandaran. Setelah diresmikan, akuarium terbesar itu sudah mulai dibuka untuk masyarakat umum.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) I Nyoman Radiarta menyampaikan, pengelolaan akuarium terbesar dan Hotel Aquarium Indonesia dilakukan oleh pihaknya melalui Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP), Tegal.

"PK BLU BPPP Tegal ini kami berikan fleksibilitas mengelola keuangan, juga bekerja sama dengan PT Tridacna Banyu Lestari," ujar Nyoman dalam keterangan resminya, Senin (19/12).

Kerja sama tersebut juga dinilainya bisa mengurangi beban pemerintah.

"Dengan adanya KSO (Kerja Sama Operasional) ini, maka dapat mengurangi beban pemerintah," ucap Nyoman.

Nyoman mengaku, hingga soft opening dilaksanakan, masih terus dilakukan berbagai perbaikan dan penyempurnaan hingga grand launching mendatang yang akan diresmikan langsung oleh Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono pada 2023. Meski demikian, menurut Nyoman, masyarakat sudah dibolehkan mengunjunginya.

"Saya berharap Aquarium Indonesia bisa bermanfaat sebagai konservasi dan edukasi bagi masyarakat luas dalam memperkenalkan ikan-ikan tropis air laut yang beraneka ragam," tuturnya.

Pelaksanaan soft opening sengaja dipercepat pada mengingat saat ini menjadi momentum tepat dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru. Dengan demikian, menjadi waktu yang tepat untuk dikunjungi wisatawan.
 
Ditambahkan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, rasa syukur dan apresiasi atas soft opening lokasi itu sebagai destinasi wisata baru di Pangandaran. Dia berharap, dengan adanya destinasi itu dapat meningkatkan perekonomian di kabupaten tersebut.

"Terima kasih KKP, mudah-mudahan tempat ini bermanfaat bagi KKP, Pemda, dan masyarakat semua," ucap Jeje.

Direktur PT. Tridacna Banyu Lestari Rika Sudranto juga menambahkan, Aquarium Indonesia memiliki akuarium silinder yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Selain itu Aquarium Indonesia juga memiliki view window terbesar di Indonesia. Pihaknya akan melengkapi sarana edukasi digital dengan layar sentuh, proyektor, dan sebagainya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono megapresiasi dan mendukung hadirnya Aquarium Indonesia di Pangandaran (sebelumnya bernama PIAMARI) pada saat mengunjungi akuarium raksasa tersebut tahun lalu. Ia berharap BRSDM terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan akuarium tersebut. Ia juga berharap dapat dibangun akuarium serupa di tempat lain, seperti di daerah Timur Indonesia.

img
Erlinda Puspita Wardani
Reporter
img
Ayu mumpuni
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan