sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Alasan Erick Thohir tunjuk Triawan Munaf dan Yenny Wahid di Garuda

Triawan Munaf dan Yenny Wahid menduduki kursi Dewan Komisaris Garuda Indonesia.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 22 Jan 2020 13:48 WIB
Alasan Erick Thohir tunjuk Triawan Munaf dan Yenny Wahid di Garuda
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) resmi mengangkat Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama dan Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama maskapai pelat merah tersebut dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu (22/1).

Figur-figur baru yang mengisi dewan direksi dan dewan komisaris Garuda Indonesia, seperti disebutkan Mantan Komisaris Utama Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol, datang dari rekomendasi pemegang saham dwi warna. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Kementerian BUMN berupaya mencari figur terbaik yang akan duduk mengelola flight carrier Garuda Indonesia. 

"Saya harap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik, mengikuti prinsip Good Corporate Governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi," kata Erick dalam keterangan resminya, Rabu (22/1).

Irfan Setiaputra merupakan lulusan sarjana Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) lulusan 1989. Irfan pun pernah bekerja di beberapa perusahaan teknologi informatika seperti IBM, LinkNet, dan Cisco. 

Pada tahun 2009-2012, Irfan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT INTI (Persero). Setelah itu, Irfan melanjutkan kariernya di PT Titan Mining Indonesia hingga 2014, lalu berpindah lagi ke PT Cipta Kridatama sebagai CEO. 

Selain itu, Irfan juga pernah diangkat COO PT ABM Investama Tbk. (ABMM) pada 2015-2016. Jejak karirnya tak berhenti sampai di situ. Pada 2017, Irfan diangkat sebagai Presiden Direktur dan CEO Reswara Energi pada 2017.

Adapun jabatan terakhir yang diembannya sebelum menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia adalah sebagai CEO Sigfox Indonesia. 

Sponsored

Sementara, mengenai penunjukan mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama Garuda Indonesia, Erick mengatakan dengan semua pengalaman Triawan, tentu akan mampu memberikan masukan strategi pemasaran dan meningkatkan citra Garuda yang sempat terganggu. 

"Khusus untuk Yenny Wahid merupakan figur perempuan yang sangat mumpuni. Bu Yenny merupakan komisaris independen perwakilan publik yang dapat dipercaya," ujar Erick.

Berita Lainnya