sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BEI bersiap luncurkan e-IPO dan Indeks IDX Quality 30

Sistem e-IPO ini akan diluncurkan pada 10 Agustus 2020.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 29 Jul 2020 19:06 WIB
BEI bersiap luncurkan e-IPO dan Indeks IDX Quality 30
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta self regulatory organization (SRO) lainnya bersiap meluncurkan sistem electronik public offering (e-IPO) dan indeks baru IDX Quality30 tahun ini.

Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono dalam keterangan resminya, mengatakan sistem e-IPO ini diluncurkan pada 10 Agustus 2020.

"Sistem ini bertujuan untuk menyediakan akses yang mudah dijangkau seluruh investor dan perusahaan efek untuk berpartisipasi dalam proses penawaran umum. Khususnya dalam tahap penyampaian peminatan pada masa book building dan tahap penyampaian pesanan saham pasar perdana pada masa offering," kata Yulianto.

Sistem e-IPO ini juga untuk memperluas partisipasi perusahaan efek sebagai selling agent dalam proses penawaran umum. Selain itu melalui sistem e-IPO ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan penyebaran kepemilikan saham, khususnya investor ritel pada pasar perdana. Sehingga diharapkan akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham di pasar sekunder.

Lebih lanjut, sistem e-IPO ini mencakup seluruh fase proses penawaran umum, mulai dari penawaran awal (book building), penawaran efek (offering), penjatahan (allotment) dan distribusi efek hasil penawaran umum.

"Seluruh perusahaan efek yang memiliki izin penjamin emisi efek atau perantara perdagangan efek dapat mendaftar untuk menjadi partisipan sistem e-IPO," ujarnya.

Akan luncurkan indeks IDX Quality30

Selain e-IPO, BEI juga bersiap meluncurkan indeks IDX Quality30. Indeks IDX Quality30 merupakan indeks 30 saham perusahaan yang secara historis relatif memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan laba stabil dengan likuiditas transaksi yang baik.

Sponsored

Bulan lalu, Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menyatakan, IDX Quality30 akan diluncurkan paling lambat pada Agustus. Anggota dari indeks baru tersebut akan diambil dari penghuni IDX80, yang variabelnya dilihat dari sisi fundamental emiten.

"Variabel yang akan kami lihat dan ukur adalah komponen return on equity (ROE), debt to earning ratio (DER), earning ratio, profitability, capital structure, dan earning stability," kata Hasan dalam konferensi virtual BEI, Selasa (30/6).  

Metode penghitungan Indeks IDX Quality30 menggunakan metode Capped Free-Float Market Capitalization Weighted & Quality Factored. Indeks ini menggunakan kapitalisasi pasar free float sebagai bobot dan dilakukan penyesuaian menggunakan nilai kualitas fundamental dari masing-masing saham.

Selanjutnya akan dilakukan pembatasan bobot (capping) suatu saham dalam indeks paling tinggi adalah 15% pada saat evaluasi. BEI menetapkan tanggal dasar untuk Indeks IDX Quality30 pada 4 Februari 2014 dengan nilai dasar 100.

BEI akan melakukan evaluasi berkala atas IDX Quality30, yaitu evaluasi mayor yang dilakukan pada bulan Januari dan Juli, serta evaluasi minor pada bulan April dan Oktober. Hasil evaluasi indeks akan berlaku efektif di bulan setelahnya pada hari bursa ketiga.

Selain digunakan investor untuk berinvestasi, indeks IDX Quality30 ini diharapkan juga dapat digunakan sebagai landasan acuan bagi penyusunan produk-produk pasar modal lainnya, seperti reksa dana, ETF, serta produk-produk derivatif lainnya.

Berita Lainnya