sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Garuda Indonesia setop penerbangan ke wilayah PSBB dan zona merah

Penerbangan domestik Garuda Indonesia ini akan dihentikan sementara mulai besok (25/4).

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 24 Apr 2020 18:05 WIB
Garuda Indonesia setop penerbangan ke wilayah PSBB dan zona merah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 115056
Dirawat 37618
Meninggal 5388
Sembuh 72050

Garuda Indonesia akan menghentikan sementara layanan penerbangan domestik yang terhubung ke wilayah berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan zona merah penyebaran Covid-19 mulai Sabtu (25/4) pukul 00.00 local time rute-rute penerbangan domestik Garuda Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan melalui penyesuaian layanan operasional penerbangan tersebut, Garuda Indonesia masih akan melayani penerbangan ke rute-rute penerbangan yang dikecualikan dalam Permenhub NomorĀ 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 hingga 31 Mei 2020.

"Termasuk rute penerbangan domestik dan rute internasional, yang tidak terhubung langsung dengan wilayah yang berstatus PSBB maupun wilayah zona merah penyebaran Covid-19," kata Irfan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/4).

Hingga siang ini, terdapat delapan wilayah PSBB yang termasuk dalam layanan operasional penerbangan Garuda Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Pekanbaru, Makassar, Sumatera Barat, Banjarmasin, dan Tarakan. Selain sektor penerbangan yang terhubung dengan wilayah tersebut, lanjut Irfan, seluruh layanan operasional penerbangan Garuda Indonesia akan tetap berlangsung dengan normal.

Irfan mengatakan pihaknya tetap berkomitmen menghadirkan aksesibilitas layanan penerbangan bagi masyarakat dengan tetap memperhatikan ketentuan dan koridor regulasi yang berlaku. Khususnya, terkait protokol kesehatan dalam operasional penerbangan serta perizinan yang diperlukan.

Selain itu, Irfan mengatakan Garuda Indonesia juga tetap berkomitmen atas keberlangsungan distribusi pengiriman kebutuhan logistik dan bantuan misi kemanusiaan bagi masyarakat dapat tetap terpenuhi dengan pengoperasian penuh layanan kargo udara Garuda Indonesia.

"Kebijakan penundaan sementara sebagian layanan penerbangan ini merupakan hasil koordinasi intensif dengan pemerintah sebagai upaya berkesinambungan untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia," tutur Irfan.

Irfan melanjutkan, sehubungan dengan kebijakan tersebut, bagi calon penumpang yang berencana terbang ke rute rute di wilayah PSBB dan zona merah, dapat melakukan penyesuaian rencana penerbangan.

Sponsored

"Garuda Indonesia memastikan akan memberlakukan kebijakan pembebasan biaya administrasi dalam prosedur penyesuaian rencana penerbangan. Baik untuk mekanisme reroute, reschedule, serta memberikan voucher tiket penerbangan sesuai ketentuan yang berlaku, ataupun berupa poin keanggotaan GarudaMiles," katanya.

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Minggu, 02 Agst 2020 16:26 WIB
Berita Lainnya