sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Investor asing respons negatif rencana Indofood akuisisi Pinehill

Saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) mengalami penurunan pada penutupan perdagangan Rabu (12/2).

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 12 Feb 2020 19:21 WIB
Investor asing respons negatif rencana Indofood akuisisi Pinehill
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 25773
Dirawat 17185
Meninggal 1573
Sembuh 7015

Saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) mengalami penurunan setelah kabar ICBP akan mengakuisisi seluruh saham milik Pinehill Company Limited. Grup Pinehill merupakan pemegang lisensi merek Indomie di Arab Saudi, Nigeria, Turki, Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia. 

Lazimnya, kabar akuisisi akan ditanggapi positif oleh pelaku pasar. Namun, saham ICBP tercatat terkoreksi pada penutupan perdagangan Rabu (12/2), sebesar 6,32% ke level Rp10.750 per lembar saham. 

Mengapa kabar akuisisi yang dilakukan ICBP justru membuat saham mereka mengalami penurunan? 

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan dirinya melihat investor asing melakukan aksi jual setelah ICBP mengumumkan kabar akuisisi tersebut. 

"Semestinya kalau akuisisi itu sentimen positif ya, cuma yang saya lihat tadi direspon negatif oleh investor asing," kata William ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (12/2).

Selain karena dilepas investor asing, William melihat sentimen lain yang mempengaruhi penurunan harga saham tersebut karena belum adanya nilai pasti dari akuisisi tersebut. 

"Kalau ada nilai pasti, investor jadi lebih tertarik. Sekarang kan masih peninjauan dulu. Kalau sudah jelas akan lebih bagus," ujar dia. 

William pun menyarankan pelaku pasar untuk beli saham ICBP dengan target harga Rp10.500. Sebab, koreksi yang akan terjadi mulai terbatas. 

Sponsored

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan ICBP Gideon A Putro mengatakan untuk menjajaki penawaran tersebut, perseroan akan melakukan uji kelayakan (due diligence).

"Perseroan akan melakukan due diligence atas Grup Pinehill sebelum memutuskan apakah menerima penawaran tersebut atau tidak," kata Gideon dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (12/2).

Gideon mengatakan ICBP akan menyampaikan keterbukaan informasi lebih lanjut apabila perseroan mengambil keputusan menerima penawaran tersebut. Gideon juga menuturkan syarat dan ketentuan atas rencana transaksi akan ditetapkan secara lebih rinci, dalam satu perjanjian tersendiri dan mengikat yang akan dibuat berdasarkan kesepakatan bersama antara perseroan dengan pemberi penawaran.

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 16:49 WIB
Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Kamis, 28 Mei 2020 17:45 WIB
Berita Lainnya