sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IPO unicorn bisa tambah kapitalisasi pasar IHSG 6,6%

Menurut Mandiri Investasi, IPO perusahaan-perusahaan unicorn dapat mendorong laju IHSG tahun ini. 

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 10 Mar 2021 17:04 WIB
 IPO unicorn bisa tambah kapitalisasi pasar IHSG 6,6%

Beberapa waktu ini, perusahaan unicorn teknologi seperti Gojek, Tokopedia hingga Bukalapak dikabarkan memiliki rencana untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Chief Investment Officer Mandiri Investasi Ali Yahdin Saugi memperkirakan, melantainya perusahaan-perusahaan unicorn tersebut, bisa menambah kapitalisasi pasar IHSG hingga 6,6%.

"Perusahaan teknologi seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Blibli dan sebagainya ini, kalau digabungkan menurut estimasi kasar dari kami nilainya sekitar Rp460 triliun jika IPO, dari kapitalisasi pasar IHSG yang Rp7.000 triliun," kata Ali, Rabu (10/3).

Nilai estimasi tersebut merupakan estimasi konservatif. Menurutnya, IPO perusahaan-perusahaan unicorn tersebut dapat mendorong laju IHSG tahun ini. 

Sponsored

"Jadi cukup menarik kalau sampai ada perusahaan unicorn IPO di pasar saham Indonesia," ujar dia. 

Adapun tahun ini, Mandiri Investasi memperkirakan IHSG dapat mencapai level 6.600 hingga 6.800 melihat fundamentalnya. Akan tetapi, prediksi ini belum memasukkan kemungkinan dari IPO-nya perusahaan unicorn teknologi, keberhasilan UU Cipta Kerja, dan dampak dari Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

"Memang kelihatannya di level sekarang kenaikannya agak terbatas, sekitar 5% sampai 7%. Tetapi, kami belum price in adanya perusahaan teknologi yang IPO, keberhasilan UU Cipta Kerja, serta adanya LPI yang nanti akan bertumbuh ke depannya," tuturnya. 

Berita Lainnya