sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi pamer UU Cipta Kerja di APEC CEO Dialogues

Presiden mengatakan UU Cipta Kerja menyederhanakan hambatan regulasi dan memberikan kepastian hukum bagi bisnis dan investor.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 19 Nov 2020 13:53 WIB
Jokowi pamer UU Cipta Kerja di APEC CEO Dialogues
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 557.877
Dirawat 77.969
Meninggal 17.355
Sembuh 462.553

Presiden Joko Widodo menyampaikan tahun 2020 merupakan tahun yang krusial bagi seluruh dunia. Semua negara ditantang menjawab keterbatasan, menghitung peluang, serta menciptakan terobosan dan inovasi menghadapi Covid-19.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia menggunakan momentum krisis ini untuk melakukan reformasi struktural secara luar biasa, dengan membenahi regulasi dan birokrasi yang ada. Pembenahan tersebut dilakukan melalui Undang-Undang Cipta Kerja.

"Beberapa minggu yang lalu Indonesia mengesahkan UU Cipta Kerja, yang menyederhanakan hambatan regulasi, menciptakan iklim investasi yang mendukung, dan memberikan kepastian hukum bagi bisnis dan investor," kata presiden dalam sambutannya di Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Dialogue 2020, Kamis (19/11).

Jokowi melanjutkan, pengesahan UU Cipta Kerja ini dilakukan agar Indonesia dapat bergerak cepat melalui masa yang sulit ini. Dengan demikian, Indonesia siap membuka pintu seluas-luasnya bagi pengusaha dan investor dengan cara-cara baru.

Menurut presiden, regulasi yang tumpang tindih, prosedur yang rumit, dan birokrasi yang berbelit-belit dipangkas dengan kehadiran UU Cipta Kerja. Jokowi juga mengatakan pengesahan UU Cipta Kerja juga tetap mengutamakan komitmen Indonesia untuk perlindungan lingkungan.

Saat ini, kata Presiden Jokowi, pemerintah menyelesaikan aturan pelaksanaan dari UU Cipta Kerja. Di hadapan para CEO, presiden mengatakan akan menyelesaikan aturan pelaksanaan tersebut secepat-cepatnya.

"Saya mengundang CEO dan pengusaha di kawasan Asia Pasifik untuk memanfaatkan peluang dari UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan," ujarnya.

Presiden pun yakin pelaku usaha dan bisnis internasional, akan merasakan efek positif dari berbagai potensi dan insentif kebijakan ekonomi yang dikeluarkan Indonesia di masa pandemi.

Sponsored
Berita Lainnya