sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenhub targetkan Bandara Kertajati layani umrah per November 2022

Berdasarkan zona penerbangan umrah Kemenag, ada potensi 40.000 jemaah dari Bandara Kertajati pada Januari-Mei 2023.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 19 Agst 2022 13:59 WIB
Kemenhub targetkan Bandara Kertajati layani umrah per November 2022

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (Jabar), dapat melayani embarkasi dan debarkasi umrah mulai November 2022. Pun diharapkan melakukan penerbangan langsung (direct flight) ke Arab Saudi.

"Koordinasi intensif dengan Kemenag (Kementerian Agama) dan pemda (pemerintah daerah) terus dilakukan agar persiapannya bisa dilakukan dengan matang," kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menukil situs web Kemenhub.

Dia menambahkan, potensi jemaah di Bandara Kertajati mencapai 40.000 orang pada Januari-Mei 2023 jika zonasi penerbangan umrah oleh Kemenag terealisasi. Bahkan, bisa lebih apabila Bandara Kertajati menjadi feeder dari daerah lain, seperti Kalimantan.

Guna menunjang misi tersebut, Kemenhub akan memperluas aksesibilitas transportasi darat dari dan menuju Bandara Kertajati. Langkah ini dilakukan dengan penyediaan angkutan jalan.

Sponsored

Sejak diresmikan pada 2018, tidak banyak operator yang menyediakan angkutan penumpang dari dan ke Bandara Kertajati sehingga sepi. Padahal, pembangunannya berlarut-larut dan menelan anggaran sekitar Rp2,6 triliun.

Oleh sebab itu, fungsi Bandara Kertajati diperluas sebagai bengkel pesawat dan kargo. Berdasarkan data Kemenhub, pergerakan kargo mencapai 15 ton/hari pada Desember 2021 dan naik menjadi 40-60 ton/hari per Juli 2022.

Berita Lainnya
×
tekid