sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenkeu: Dana talangan BPJS Kesehatan segera cair

Pencairan dana ini akan diberikan langsung senilai Rp4,9 triliun ke BPJS kesehatan.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Jumat, 21 Sep 2018 23:41 WIB
Kemenkeu: Dana talangan BPJS Kesehatan segera cair
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Pemerintah akan mengeluarkan dana talangan Rp4,9 triliun untuk menutupi defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo memastikan dana talangan tersebut akan cair pada pekan depan, tepatnya Senin, (24/9). "Insya Allah cair Senin (24/9)," ungkapnya di Kementerian Keuangan, Jumat (21/9).

Pencairan dana ini akan diberikan langsung senilai Rp4,9 triliun kepada BPJS kesehatan.  

Pemberian dana talangan ini berasal dari APBN yang diatur melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 113/PMK.02/2018 tentang Tata Cara Penyediaan, Pencairan dan Pertanggungjawaban Dana Cadangan Program Jaminan Kesehatan Nasional. 

Sponsored

Meskipun bersifat dana suntikan, tetapi akan ada komitmen kerja yang harus dipenuhi BPJS Kesehatan kepada Kemenkeu. Diantaranya mengoptimalkan kolektibilitas iuran dari peserta BPJS Kesehatan yang sering menunggak, bahkan tidak aktif. 

Terutama dari peserta yang informal, atau disebut Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Mandiri yang 54% masih menunggak.

Kemenkeu juga akan mendorong pelibatan peran pemda. Pasalnya Kemenkeu masih menemukan pemerintah daerah yang memiliki utang terkait kewajibannya membayar kepada fasilitas kesehatan di daerahnya. 

Berita Lainnya