sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Minyak goreng masih sulit ditemui di ritel modern

Sementara pedagang pasar tradisional masih ada yang menjual di kisaran harga Rp27.000-Rp28.000 per liter.

 Ratih Widihastuti Ayu Hanifah
Ratih Widihastuti Ayu Hanifah Rabu, 02 Feb 2022 15:41 WIB
Minyak goreng masih sulit ditemui di ritel modern

Stok minyak goreng ludes di sejumlah perusahaan ritel modern. Berdasarkan pantauan Alinea.id pada Rabu (2/2), di Pondok Kopi, Jakarta Garden City, dan Kawasan Industri Pulogadung pada sejumlah minimarket, masyarakat tidak lagi menemukan minyak goreng dengan harga yang telah ditentukan pemerintah, karena telah habis diborong pembeli.

Semua stok minyak goreng di area rak kosong. Hanya merek Borco dengan harga seliternya Rp32.000 yang terlihat. Adapun minyak goreng Bimoli, Filma, Fortune, dan Kunci Mas terlihat kosong. Padahal, pengelola ritel modern sudah membatasi pembelian minyak goreng murah tersebut. 

“Habis. Padahal, sudah dibatasi. Katanya sih hari ini datang," ucap kasir ritel modern kepada Alinea.id, Rabu (2/2).

Sementara itu, minyak curah di agen pasar tradisional di wilayah Jakarta Timur, seperti Pasar Daerah Cakung, Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Ujung Menteng, terlihat cukup. Tetapi, pedagang masih ada yang menjual di kisaran harga Rp27.000-Rp28.000 per liter. Padahal, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan harga baru Rp11.500 per liter.,

“Saya tahu soal kebijakan curah, tetapi kita sebenarnya habisin stok, makanya butuh waktu," jelas agen minyak goreng di pasar Pasar Ujung Menteng, Eni, saat dikonfirmasi.

Hal itu juga dikonfirmasi oleh beberapa konsumen yang ditemui Alinea.id. 

“Saya beli minyak goreng di agen dekat rumah Rp38.000. Alasannya masih sama habisin stok lama. Memang agak beda sama ritel, tetapi stoknya kadang cepat habis, biasanya sih nunggu semingguan baru normal, insya Allah," ucap Wati.

Sebelumnya Kemendag telah menerbitkan aturan yang mengatur Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng sawit yang tertuang dalam Permendag 6 Tahun 2022, yang ditetapkan dengan mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan kebijakan minyak goreng satu harga yang telah berlaku sebelumnya melalui Permendag No.3 Tahun 2022.

Sponsored

Berikut adalah daftar harga eceran tertinggi minyak goreng terbaru, yang berlaku mulai 1 Februari 2022.

- Minyak goreng curah Rp11.500 per liter

- Minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter

- Minyak goreng kemasan premium sebesar Rp14.000 per liter

Berita Lainnya
×
tekid