sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Minyak goreng sesuai HET masih langka di Yogyakarta

Di Pasar Lempuyangan, Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta harga minyak goreng curah dijual dengan harga Rp 18.000 per liter.

Anisatul Umah
Anisatul Umah Senin, 21 Feb 2022 10:54 WIB
Minyak goreng sesuai HET masih langka di Yogyakarta

Meski Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng sudah diterapkan sejak tanggal 1 Februari 2022 oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) namun hingga hari ini, Senin (21/2) kelangkaan minyak goreng sesuai HET masih terjadi di Yogyakarta.

Alinea.id melakukan pemantauan ke sejumlah pasar di Yogyakarta baik tradisional dan modern. Berdasarkan hasil pemantauan masih sulit untuk menemukan minyak goreng sesuai HET. 

Di Pasar Lempuyangan, Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta harga minyak goreng curah dijual dengan harga Rp 18.000 per liter.

Saat ditanya apakah ada minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter untuk yang kemasan premium salah satu pedagang mengaku stok kosong.

"Adanya yang ini (sambil menunjukkan minyak goreng curah) Rp 18.000. Yang kemasan korong," paparnya kepada Alinea.id, Senin (21/2).

Kondisi yang sama juga terjadi di Pasar Kotagede. Saat Alinea.id menanyakan minyak goreng kemasan harga Rp 14.000 per liter pedagang mengaku kosong.

Salah satu pedagang mengaku hanya menjual minyak goreng curah dengan harga Rp 18.000 per liter. Stok minyak goreng curah di pedagang pasar nampak masih banyak berdasarkan pengamatan, namun rata-rata kemasan kosong.

"Yang kemasan kosong, adanya curah Rp 18.000," ucapnya kepada Alinea.id

Berbeda dengan Pasar Lempuyangan dan Kotagede, minyak goreng kemasan masih mudah ditemukan di Pasar Giwangan. Namun sayangnya harga yang ditawarkan jauh dari HET yang ditetapkan pemerintah. Pedagang menjualnya dengan harga Rp 21.000 per liter.

"Yang literan ada, harganya Rp 21.000 per liter," jawabnya saat ditanya harganya.

Sementara itu, di pasar modern kondisinya malah lebih parah lagi. Stok minyak goreng kosong. Bahkan di rak tempat minyak tertulis 'Mohon maaf, minyak program dari pemerintah stok sudah habis'.

Alinea mencoba mengecek ketiga toko modern di sekitar Kotagede dan Giwangan. Semua stoknya dalam kondisi kosong.

Pemerintah telah menerapkan HET minyak goreng dengan rincian minyak goreng curah Rp11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp14.000 per liter.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid