sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah jadikan Smesco sebagai pusat komersial UMKM Indonesia

Smesco akan jadi center of excellence dan commercial hub bagi pelaku UMKM Indonesia.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 26 Des 2019 13:14 WIB
Pemerintah jadikan Smesco sebagai pusat komersial UMKM Indonesia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan mengembangkan gedung Smesco di Gatot Subroto, Jakarta Selatan, menjadi center of excellence dan commercial hub bagi pelaku UMKM Indonesia.

Menkop dan UMKM Teten Masduki mengatakan pengembangan tersebut meliputi riset, pengembangan sumber daya manusia, dan penguatan proses produksi. Selain itu, pemetaan kebutuhan pasar secara holistik dan seluruh elemen pendukungnya, termasuk tren, persyaratan administrasi ekspor, dan lainnya.

"Smesco akan diperkuat sebagai fungsi simpul komersial dengan ragam program link and match dengan buyer lokal sampai dengan global," kata Teten usai pelantikan Leonard Theosabrata sebagai Direktur Utama Smesco, di gedung Smesco, Jakarta, Kamis (26/12).

Teten juga mengatakan, dengan pelantikat Dirut baru Smesco, Kementerian Koperasi dan UMKM saat ini tengah mendesain ulang pembangunan UMKM dan menyiapkan smesco sebagai pusat pengembangan UMKM.

Teten melanjutkan, Smesco juga diharapkan bisa berfungsi sebagai wadah silaturahmi kolaborasi bagi para pelaku UKM, untuk berkonsolidasi dan tidak menutup kemungkinan untuk membentuk koperasi-koperasi modern di antara para pelaku yang menggerakkan aktivitas di Smesco.

“Smesco diharapkan semakin ramai pengunjungnya dan dapat terus memfasilitasi para pelaku UKM dengan aneka program dan kontennya. Smesco dapat menjadi simbol kerja sama lintas yang mengantarkan UKM ke pasar global," ujar Teten.

Sementara itu, Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata mengatakan dirinya akan membuat banyak program untuk membantu UKM naik kelas dan menjadikan gedung Smesco sebagai kampus bagi pelaku UKM.

"Secara akademis kita akan bantu, jadi edukasinya kita bantu. Kemudian secara komersial trading house kita bantu, sehingga mereka bisa menjadi UKM yang unggul, baik di lokal maupun bisa go international," tutur Leonard.

Sponsored
Berita Lainnya