sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Telkom kuatkan komitmen pencegahan korupsi

Telkom turut membangun budaya antikorupsi di internal perusahaan dengan mengedepankan nilai-nilai berbasis akhlak.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 08 Des 2020 15:56 WIB
Telkom kuatkan komitmen pencegahan korupsi

PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) mengimplementasikan ISO 370001 untuk mencegah tindakan korupsi dan suap dalam perjalanan perusahaan ke depan. ISO 37001 sendiri adalah standar baru sistem manajemen anti korupsi dan suap yang yang saat ini sedang dikembangkan oleh ISO. 

Selain itu, General Manager Segment Banking Management Services-2 Divisi Enterprise Service Telkom Iwan Setiawan mengatakan, komitmen Telkom dalam membangun perusahaan yang berintegritas juga didorong oleh Surat Edaran Menteri BUMN SE-2/MBU/07/2019 tanggal 29 Juli 2019, tentang Pengelolaan BUMN yang Bersih melalui Implementasi Pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, dan Penanganan Benturan Kepentingan serta Penguatan Pengawasan Internal.

Dengan komitmen kuat pada pencegahan praktik korupsi di internal perusahaan tersebut, dia mengatakan Telkom turut membangun budaya antikorupsi di internal perusahaan dengan mengedepankan nilai-nilai berbasis akhlak atau core values akhlak.

"Membangun kepatuhan tidak bisa lewat aturan saja, tetapi dengan dukungan surat edaran itu, kita lakukan juga dengan membangun culture di perusahaan, salah satunya dengan mengedepankan core values akhlak di perusahaan," katanya dalam video conference, Selasa (8/12).

Iwan menjelaskan, ISO 370001 ini merupakan panduan bagi perusahaan untuk melakukan pencegahan penyuapan yang mungkin terjadi. 

Menurutnya terdapat empat dampak positif dari implementasi ISO 370001 ini, yaitu meningkatkan budaya anti korupsi insan perusahaan, meningkatkan reputasi perusahaan, meningkatkan efisiensi biaya, dan meningkatkan kepercayaan stakeholder.

Lebih lagi, sebagai satu-satunya BUMN yang melantai di bursa saham Amerika Serikat atau New York Stock Exchange, menjaga kepercayaan stakeholder amatlah penting. Salah satunya, lanjutnya, dengan menjunjung nilai anti penyuapan atau anti korupsi.

"Nah di sini bagi kami, Telkom sebagai satu-satunya BUMN yang listed di New York Stock Exchange tentunya kepercayaan stakeholder ini memegang peranan penting dalam mewujudkan perusahaan yang bebas penyuapan," ujarnya.

Sponsored

Persiapan penerapan ISO 370001 sendiri telah dimulai Telkom sejak Maret-Juni 2020, lalu masuk ke tahap audit internal pada Juli 2020, kemudian masuk ke audit eksternal di Juli-Agustus 2020, sampai akhirnya lulus sertifikasi di 10 Agustus 2020.

Tahun ini wilayah pelayanan Telkom yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 370001 adalah wilayah Yogyakarta dan tahun depan ditargetkan 60 wilayah Telkom lainnya akan tersertifikasi ISO 370001 di seluruh Indonesia.

"2021 akan kita lakukan perluasan di 60 wilayah Telkom di seluruh Indonesia. Tahun ini baru di Yogyakarta yang tersertifikasi," ucapnya.

Berita Lainnya