sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bakal dikelola BUMDes, Pemkab Kukar bangun 2 pasar

Pemkab Kukar menganggarkan Rp5,2 miliar untuk membangun tiga pasar di tiga kecamatan.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Jumat, 13 Mei 2022 15:37 WIB
Bakal dikelola BUMDes, Pemkab Kukar bangun 2 pasar

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) menganggarkan Rp5,2 miliar untuk membangun tiga pasar di tiga kecamatan. Kabid Pasar Disperindag Kukar, Malik, mengatakan nantinya pasar ini akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sehingga bisa memberikan dampak langsung ke desa.

"Akan dikelola BUMDes setempat, agar dapat berdampak langsung ke desa dan perawatan bisa dilakukan dengan baik," imbuhnya, Jumat (13/5).

Malik mengatakan Pemkab Kukar akan membangun pasar di Desa Batubatu Kecamatan Muara Badak, dengan anggaran Rp 1,8 miliar. Kemudian, pembangunan pasar di Desa Liang, Kecamatan Kota Bangun dengan anggaran Rp 3,4 miliar.

"Dua pasar yang masuk dalam program pembangunan dan pengembangan pasar desa ini, sudah memenuhi persyaratan pembangunan pasar," katanya.

Salah satu persyaratannya yakni kesiapan pedagang yang akan mengisi lapak pasar, status lahan yang tidak bermasalah dan jarak pasar dengan pemukiman.

Selain kedua pasar tersebut, akan ada satu pasar lagi yang akan dibangun dengan bantuan APBN, yakni pasar di Desa Sebuntal, Kecamatan Marangkayu. Pasar ini akan dibangun dengan total anggaran Rp3 miliar.

Malik menerangkan idealnya tiap kecamatan memiliki 1 pasar untuk memudahkan masyarakat memnuhi kebutuhan pokok. Saat ini, masih ada dua kecamatan yang belum memiliki pasar yakni Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut.

"Perlu peran masyarakat dan kepala desa serta beberapa stakeholder terkait untuk mengajukan permohonan, sebagai dasar Disperindag Kukar untuk membangun pasar. Baik itu melalui dana APBD Kukar maupun melalui APBN," pungkasnya.

Sponsored
Berita Lainnya