sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Keamanan informasi Pemprov Kaltim naik ke level III

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mampu meningkatkan level keamanan informasi ke level III.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Senin, 25 Jul 2022 11:33 WIB
Keamanan informasi Pemprov Kaltim naik ke level III

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mampu meningkatkan level keamanan informasi ke level III. Pimpinan Tim Penilai Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Firman Maulana mengatakan, hasil ini berdasarkan penilaian yang dilakukan di DInas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim.

“Tingkat kematangan level III dengan skor 2,99 atau 59,9 persen. Ini mendefinisikan pengelolaan keamanan siber di Diskominfo Provinsi Kaltim sudah terorganisir, bersifat informal, dilakukan secara berulang dan konsisten. Namun, perlu dilakukan secara lebih berkelanjutan,” kata Firman, dikutip Senin (25/7).

Firman menjelaskan, hasil ini meningkat dibandingkan tahun 2021 yang berada di level II dengan nilai 1,73. Ia menambahkan, dalam instrumen penilaian Indeks Keamanan Informasi (IKAMI), hasil penilaian tahun 2021 masuk dalam kategori SE tinggi dengan skor 250.

Menurut Firman, tingkat kematangan terhadap lima area peniliaan IKAMI, yakni perlunya pengelolaan keamanan informasi, langkah pengamanan harus lebih teratur dengan alur komunikasi dan kewenangan yang jelas. Kemudian harus mampu mengidentifikasi kelemahan, dan pertanggung jawaban pihak yang terlibat, serta dokumentasi pengamanan mayoritas area teknis yang harus lebih baik.

Firman menyampaikan, berdasarkan instrumen penilaian Evaluasi Pelaksanaan Persandian (Eval Garsan), hasilnya menunjukkan status cukup dengan skor 73,344. Metode penilaian yang dilakukan dengan wawancara berdasarkan hasil Self-Assessment melalui instrumen yang telah diisi. dan observasi verifikasi terhadap implementasi pelaksanaan pengamanan informasi.

Lebih lanjut Firman berpesan, meski proses penilaian telah berakhir, BSSN masih terbuka dalam rangka pemberian konsultasi untuk perbaikan kematangan keamanan siber dan sandi di pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan Persandian, Dianto menyampaikan terima kasih kepada BSSN atas proses penilaian yang dilakukan. Ia memastikan hasil penilaian tersebut akan dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan.

“Kami menerima saja hasil penilaian ini. Semoga kedepan bisa lebih ditingkatkan,” tandasnya.

Sponsored
Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid