sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kopi Topidi Gowa jadi kopi terbaik sedunia wakili Indonesia

Kepala Diskop UKM Gowa, Mahmuddin, mengatakan kualitas Kopi Topidi dibuktikan dengan ekspor ke Australia dan Amerik

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Selasa, 17 Jan 2023 15:26 WIB
Kopi Topidi Gowa jadi kopi terbaik sedunia wakili Indonesia

Kopi Topidi asal Kampung Topidi, Kelurahan Bontolerung, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) mewakili Indonesia di 36 event kopi terbaik dunia. Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Gowa, Mahmuddin, mengatakan kualitas Kopi Topidi dibuktikan dengan ekspor ke Australia dan Amerika.

“Potensi kopi Kabupaten Gowa dalam 5 tahun terakhir sudah bekerja sama dengan pengusaha Australia dan Amerika melalui ekspor Kopi Topidi dan masuk 36 kopi terbaik dunia,” kata Mahmuddin, Senin (16/1).

Mahmuddin menjelaskan, olahan Kopi Topidi banyak dipakai kafe ternama di Bandung dan Jakarta. Ia menambahkan, UMKM dilibatkan untuk mengembangkan potensi kopi di Bontolerung.

Sementara itu, pengelola Kopi Topidi, Halim Daeng Balengka, menyampaikan dirinya masuk 36 produsen biji kopi terbaik yang maju mewakili Indonesia ke penilaian International Cup of Excellence (COE).

Sponsored

Halim menuturkan, dirinya adalah ketua Kelompok Tani Parang Maha Topidi yang membina 25 orang petani kopi. Kopi Topidi sudah memasuki pasar eskpor sejak 5 tahun terakhir.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid