close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi jalan Kota Makassar. (Foto: unsplash.com)
icon caption
Ilustrasi jalan Kota Makassar. (Foto: unsplash.com)
Daerah
Senin, 03 Januari 2022 06:43

Tarik Wisatawan, Pemkot Makassar akan ubah 100 gang jadi lorong wisata

Nantinya, lorong wisata tersebut diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Makassar.
swipe

Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar pada 2022 untuk merealisasikan program lorong wisata. Nantinya, lorong wisata tersebut diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Makassar.

"Kita bikin sebaik mungkin dengan konsep wisata, ada spot fotonya, ada wisata kulinernya dengan UMKM yang dijual masyarakat sekitar, kemudian juga kita beri warna warni biar lebih bersih dan cantik saat dikunjungi," ujar Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem dalam keterangannya, Senin (3/1).

Beberapa Lorong wisata tersebut akan dikonsep oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Ada juga ketahanan pangan, ada juga Dinas Koperasi yang bisa mengurusi UMKM-nya. Kalau ketahanan pangan mungkin lebih kepada menyulap lorong jadi lebih hijau, dengan beberapa tanaman seperti sayur hingga buah, termasuk budi daya ikan, tapi silakan tanyakan SKPD terkaitnya," tambahnya.

Selain itu, lorong wisata juga dikonsep dengan mengacu pada karakter dan potensi gang, seperti kuliner, gambar mural, spot foto dan sebagainya serta melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Contohnya kalau lorongnya potensi kuliner di situ, maka kita bikin lorong kuliner, di dalamnya ada jualan makanan rakyat, yang memang banyak disukai oleh masyarakat. Kalau lorongnya cocoknya konsep gambar, maka kita akan isi gambar mural, gambar kartu atau warna warni biar masyarakat bisa foto foto juga di sana," pungkas Roem.

img
Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Reporter
img
Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan