sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkot Makassar kembangkan Metaverse untuk dukung pelayanan publik

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengatakan, pengembangan tersebut bertujuan untuk menghadirkan realitas virtual.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Minggu, 13 Mar 2022 18:43 WIB
Pemkot Makassar kembangkan Metaverse untuk dukung pelayanan publik

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana mengembangkan metaverse platform demi mendorong pelayanan publik melalui adopsi teknologi digital.

Pemkot akan bekerja sama dengan salah satu perusahaan teknologi kenamaan berbasis augmented reality, WIR Group, demi merealisasikan program ini.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengatakan, pengembangan tersebut bertujuan untuk menghadirkan realitas virtual yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Makassar, karena bisa digunakan untuk berinteraksi, bekerja, belajar dan berkarya.

“Kami berharap nantinya masyarakat kota Makassar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi digital sehingga akan memberikan nilai tambah, terutama bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan bagi warganya," kata Danny dalam keterangannya pada hari Minggu (13/3).

Sponsored

Sementara itu, Chief Metaverse Officer WIR Group, Stephen Ng mengatakan, kerja sama dengan Pemkot Makassar menegaskan komitmennya untuk mengembangkan metaverse platform. Hal ini telah diimplementasikan di daerah-daerah lain seperti Jakarta, Bali, dan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Seperti yang sudah mulai dikembangkan di kota-kota lain, metaverse Kota Makassar juga akan hadir dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai-nilai dan kearifan lokal dan budaya bangsa,” ujar Stephen.

Ia menambahkan, pengembangan metaverse Kota Makassar merupakan hal positif karena bisa menambah satu fase penting dalam rangkaian pembangunan ekosistem untuk mendukung platform Metaverse Indonesia. Meski begitu, proyek ini akan memakan waktu lama karena kompleksitasnya yang tinggi.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB

, : WIB
×
tekid