sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

14 platform online termasuk TikTok versi China tandatangani deklarasi 'disiplin diri'

Bersama-sama, mereka merilis pada 11 September daftar tindakan untuk membantu pemerintah China menegakkan ketertiban online.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 13 Sep 2021 11:26 WIB
14 platform online termasuk TikTok versi China tandatangani deklarasi 'disiplin diri'

Pemerintah China menggalakkan pengawasan ketat terhadap kehidupan dunia maya warganya. Situasi ini membuat empat belas platform konten online China akhirnya menandatangani deklarasi kolektif untuk menegakkan "disiplin diri".

Platform tersebut termasuk Douyin, TikTok versi Cina, dan Weibo, platform mirip Twitter negara itu. Bersama-sama, mereka merilis pada 11 September daftar tindakan dalam bentuk "Konvensi Disiplin Diri" yang bersumpah untuk membantu pemerintah China menegakkan ketertiban secara online.

Perusahaan akan secara ketat mengatur perilaku penggemar dan menekan gosip selebriti yang jahat, sesuai perjanjian.

Perjanjian tersebut juga dilengkapi dengan langkah-langkah sensor yang lebih luas. Perusahaan telah sepakat untuk mencegah penggemar selebriti dari "menghasut konflik", mengumpulkan dana untuk mempromosikan bintang favorit mereka, dan mengorganisir pertemuan publik yang tidak sah. 

Konsekuensi dari penggemar yang melanggar aturan ini dapat menyebabkan akun, papan buletin, dan grup dibatasi, dibisukan, ditangguhkan, atau dihapus seluruhnya, sesuai dengan Konvensi Disiplin Diri.

"Platform yang berpartisipasi mencapai konsensus bahwa untuk menjaga lingkungan dunia maya yang bersih dan memperkuat konstruksi konten budaya online, perusahaan harus melakukan disiplin diri yang lebih proaktif," bunyi perjanjian tersebut.

Daftar lengkap perusahaan yang menandatangani perjanjian termasuk platform jejaring sosial utama seperti Weibo, Douyin, dan Kuaishou. Diperkirakan Weibo memiliki 566 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal kedua tahun 2021. Sementara itu, Douyin rata-rata memiliki sekitar 600 juta pengguna aktif harian pada kuartal pertama tahun ini, dengan saingannya Kuaishou menjaring lebih dari 379 juta pengguna aktif harian di tiga bulan pertama tahun 2021.

Platform berbagi video dan musik seperti iQiyi, Tencent Video, QQ Music, Youku, Kugou Music, Bilibili, Kuwo Music, Migu Video, dan Migu Music juga menandatangani perjanjian tersebut, begitu pula agregator berita Toutiao Hari Ini dan ulasan produk serta platform blogging populer Xiaohongshu.(Insider)

Sponsored
Berita Lainnya