sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Akibat pandemi, Disney akan PHK 28.000 pekerja

PHK berlaku bagi para pekerja taman hiburan, yang sekitar 67% terdiri dari pekerja paruh waktu.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 30 Sep 2020 17:30 WIB
Akibat pandemi, Disney akan PHK 28.000 pekerja
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 527.999
Dirawat 66.752
Meninggal 16.646
Sembuh 441.983

Perusahaan Walt Disney mengumumkan akan memberhentikan 28.000 karyawan, sebagian besar bekerja di taman hiburan Disneyland di Amerika Serikat (AS).

Menurut keterangan Disney, langkah ini dilakukan karena merugi akibat pembatasan kapasitas pengunjung taman hiburan dan ketidakpastian berapa lama pandemi coronavirus baru (Covid-19) akan berlangsung.

Taman hiburan Disneyland telah terdampak besar akibat pandemi. Disney pun menutup semua taman hiburannya pada awal tahun ini karena virus menyebar. 

"Kami telah membuat keputusan yang sangat sulit untuk memulai proses pengurangan tenaga kerja di segmen taman hiburan dan divisi produk kami di semua tingkatan," kata Josh D'Amaro, Ketua Unit Taman Hiburan Disney, dalam sebuah pernyataan.

PHK berlaku bagi para pekerja taman hiburan, yang sekitar 67% terdiri dari pekerja paruh waktu.

Disney juga memiliki taman hiburan di Shanghai, Hong Kong, Tokyo, dan Paris, yang tidak terpengaruh pengumuman PHK tersebut.

Disneyland di Hong Kong dibuka kembali pada pekan lalu setelah ditutup untuk kedua kalinya pada Juli karena lonjakan kasus Covid-19.

Kecuali Disneyland di California, semua taman hiburan milik perusahaan tersebut kini telah dibuka kembali, meskipun jumlah pengunjung dibatasi untuk memungkinkan jarak sosial.

Sponsored

Disney rugi sebesar US$4,7 miliar dalam tiga bulan terakhir, dengan pendapatan untuk Divisi Parks, Experiences, dan Product anjlok 85% dibandingkan dengan kuartal sama pada 2019.

D'Amaro mengatakan, masalah perusahaan diperburuk di California oleh keengganan negara mencabut pembatasan yang memungkinkan Disneyland dibuka kembali.

Disney telah berupaya membujuk pihak berwenang di California agar mengizinkan perusahaan membuka kembali Disneyland. (BBC)

Berita Lainnya