logo alinea.id logo alinea.id

American Airlines perpanjang penangguhan penerbangan Boeing 737 Max

American Airlines menjadi maskapai besar kedua yang menangguhkan penerbangan 737 Max selama Musim Panas yang sibuk.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 15 Apr 2019 13:24 WIB
 American Airlines perpanjang penangguhan penerbangan Boeing 737 Max

Pada Minggu (14/4), American Airlines mengumumkan bahwa hingga 19 Agustus 2019, mereka akan membatalkan 115 penerbangan per hari karena permasalahan terkait Boeing 737 Max.

Keputusan itu menjadikan American Airlines sebagai maskapai penerbangan besar kedua yang menangguhkan penerbangan yang menggunakan 737 Max selama Musim Panas yang sibuk.

Pekan lalu, Southwest Airlines, operator terbesar dari pesawat pabrikan Boeing, mengumumkan akan menangguhkan seluruh penerbangan 737 Max hingga 5 Agustus 2019.

Sejumlah perusahaan penerbangan dari Amerika Serikat dan beberapa negara lain mengandangkan pesawat Boeing 737 Max pada pertengahan Maret setelah kecelakaan mematikan Ethiopian Airlines pada Maret 2019 dan Lion Air Indonesia pada Oktober 2018.

Boeing diperkirakan akan menyelesaikan perbaikan pesawat mereka pada akhir April, dan setiap perubahan harus mendapatkan persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) serta regulator asing.

Sejumlah maskapai penerbangan terpaksa mengandangkan pesawat mereka lebih lama dari yang diharapkan setelah FAA mengatakan Boeing membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengubah sistem kontrol penerbangan yang diduga menjadi salah satu faktor kecelakaan yang terjadi.

Mulanya, American Airlines berencana untuk menangguhkan penerbangan 737 Max hingga awal Juni.

Menurut CEO American Airlines Doug Parker dan Presiden American Airlines Robert Isom, dengan memperpanjang pembatalan penerbangan hingga Musim Panas, perusahaan dapat lebih matang menyusun rencana penerbangan pada musim puncak nanti.

Sponsored

Pembatalan tersebut mewakili 1,5% dari total penerbangan per hari American Airlines selama Musim Panas. Maskapai itu, yang memiliki 24 unit 737 Max, mengatakan tim penjualan dan pemesanan akan mengelola rencana perjalanan para pelanggan yang terdampak pembatalan.

Di situsnya, American Airlines menjelaskan bahwa tidak semua penerbangan yang menggunakan 737 Max akan dibatalkan. Maskapai tersebut berencana menggunakan pesawat lain untuk mengganti sejumlah penerbangan.

Artinya, beberapa penerbangan yang tidak menggunakan 737 Max pun kemungkinan akan dibatalkan karena pesawatnya dipakai untuk sementara menggantikan penerbangan jet Boeing itu.

American Airlines menyampaikan, para pelanggan yang terdampak dapat meminta pengembalian dana penuh jika mereka tidak ingin memesan ulang penerbangan baru.

Di Twitter, penumpang American Airlines mengeluhkan pembatalan penerbangan berdampak pada liburan hingga kunjungan untuk melayat ke pemakaman. Mereka juga mengeluhkan permasalahan dalam proses pemesanan ulang.

Maskapai tersebut membatalkan penerbangan AA350 dari Dallas ke Fort Worth pada Sabtu (13/4), tetapi menurut Juru Bicara American Airlines Ross Feinstein, hal tersebut tidak ada hubungannya dengan 737 Max.

Feinstein menjelaskan bahwa pembatalan tersebut disebabkan oleh hujan es, badai petir, dan angin kencang di Dallas diikuti oleh salju di Chicago.

"Kami bekerja sekeras mungkin untuk melakukan pemesanan ulang bagi para pelanggan," kata Feinstein.

Sumber : The Guardian

 Prabowo dan halusinasi kuasa

Prabowo dan halusinasi kuasa

Kamis, 18 Apr 2019 20:53 WIB
Sisi lain keluarga Pierre Tendean

Sisi lain keluarga Pierre Tendean

Kamis, 18 Apr 2019 14:48 WIB